Keperawatan Sebagai Ilmu

Keperawatan sebagai ilmu memiliki objek formal dan material. Sebagai objek formal, keperawatan memiliki cara pandang pada respon manusia terhadap masalah kesehatan dalam memenuhi kebutuhasn dasarnya, kemudian bantuan manusia diberikan kepada individu mapun berfungsi secara sempurna dalam masalah kesehatan masalah individu, kelompok, atau masyarakat yang tidak mampu berfungsi secara sempurna dalam masalah kesehatan dan proses penyembuhan, dimana ilmu keperawatan sangat memperhatikan masalah-masalah keperawatan yang dilakukan dengan mencari kebenaran secara ilmiah.

Sebagai objek material, keperawatan memiliki bahasan yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode ilmiah dimana asuhan keperawatan pada manusia ditunjukan kepada bagian yang tidak dapat berfungsi secara sempurna yang berkaitan dengan kondisi kesehatn itu sendiri dan manusia sebagai mahluk yang utuh dan unik.
Keperawatan dikatakan sebagai ilmu karena keperawatan memilki landasan ilmu pengetahuan yang ilmiah yaitu scientific nursing karena ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan selalu berkembang.
Contoh:
Pada perkembangannya, ilmu keperwatan selalu mengikuti perkembangan ilmu lain. Mengingat ilmlu keperawatan merupakan ilmu terapan yang selalau berubah menurut tunutnan zaman. Sebagi ilmu yang mulai berkembang ilmu keperawatan, banyak mendapakatkan tekanan diantaranya tekanan dari luar dan tekanan dari dalam, sebagi contoh, tekanan dari luar yang berpengaruh pada perkembangan ilmu keperawatan adalah adanya tuntunan kebutuhan masayrakat dan industri kesehatan dan tekanan dari dalam yaitu masalah keperawatan yang secara terus menrus ada dan selalu memerluakan jawaban.

Comments