Kesehatan Sebagai Ilmu

kesehatan ialah ketiadaan simtom dan tanda penyakit. Wolinsky selanjutnya mengemukakan beberapa keberatan terhadap definisi kesehatan menurut kalangan medis ini.
Definisi medis ini lebih sempit daripada definisi WHO yang menyatakan “a state of complete physical, mental, and social well being, and not merely the absence of desease or infirmity”, yang mencakup baik kesejahteraan fisik, mental maupun sosial dan tidak semata-mata terbatas pada ketiadaan penyakit ataupun kelesuan. Namun, menurut Mechanic definisi WHO ini sulit dioperasionalisasikan untuk membedakan orang sehat dan orang sakit.
Menurut definisi Parson seseorang dianggap sehat manakala ia mempunyai kapasitas optimum untuk melaksanakan peran dan tugas yang telah dipelajarinya melalui proses sosialisasi, lepas dari soal apakah secara ilmu kesehatan ia sehat atau tidak. Menurut Parson pula, kesehatan sosiologis seseorang bersifat relatif karena tergantung pada peran yang dijalankannya dalam masyarakat.
Jadi tidak semua orang dapat mengetahui secara detail tentang ilmu kesehatan. Karena itu kesehatan mempunyai obyek obyek tertenetu dan konsep dan teori secara ilmiah.
Contoh:
Seseorang tidak akan mengetahui bahwa dia sedang tidak sehat apabila dia tidak mengetahui bagaimana cara mencegah sesuatau yang menyebapakan dia sakit,dan ini dapat diketahui dengan mempelajari ilmu kesehatan atau yang berhubungan dengan ilmu kesehatan.

Comments